Menggunakan Jasa Derek dari Asuransi Mobil, Seperti Apa Prosedurnya?

Asuransi Mobil

Mobil mendadak mogok di tengah jalan dan tak bisa Anda tangani? Sebagian besar pemilik kendaraan biasanya meminta bantuan mobil derek agar mobil bisa dibawa ke bengkel. Namun, Anda juga harus hati-hati, sebab ada oknum nakal yang memanfaatkan musibah tersebut dengan menawarkan derek liar yang mana tarifnya lebih mahal.

Bukan hanya itu, keberadaan derek liar sangat meresahkan karena dapat meningkatkan risiko kerusakan pada mobil. Lantas, adakah cara aman untuk mendapatkan bantuan dari derek terpercaya selain menghubungi pihak Jasa Marga?

Jasa Mobil Derek dari Asuransi Mobil

Opsi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menangani mobil mogok adalah memakai jasa derek atau penarikan kendaraan dari asuransi mobil. Sebagian besar perusahaan asuransi menyediakan jasa derek dan nomor call center yang dapat Anda hubungi. Setelah itu, pihak asuransi biasanya akan mengirimkan derek ke lokasi yang Anda berikan untuk membawa mobil ke bengkel.

Bagaimana kalau Anda sudah terlanjur memakai derek dari penyedia jasa yang bukan rekanan asuransi? Pemilik kendaraan bisa mengklaim penggantian dana yang mereka keluarkan, seperti yang tercantum dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) 12/10/09 yang diterbitkan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Pada pasal 18 dijelaskan tentang biaya yang harus diganti perusahaan asuransi untuk derek kendaraan.

Dalam pasal tersebut disebutkan ganti rugi atas biaya yang Anda keluarkan, termasuk untuk mobil derek, maksimal adalah 0,5% dari harga pertanggungan kendaraan bermotor dan tak akan dikurangi risiko sendiri. Artinya, kalau nilai pertanggungan kendaraan pada polis adalah Rp200 juta, maka maksimal biaya derek yang akan diganti adalah Rp1.000.000.

Kemudian, kalau biaya aktualnya melebihi limit yang sudah diberikan, maka hal tersebut akan menjadi tanggungan nasabah atau pemegang polis. Sementara kalau biaya yang dikeluarkan kurang dari limit yang ditetapkan polis, besaran penggantiannya akan diberikan sesuai biaya yang Anda keluarkan.

Jika disimpulkan, selama jumlah biaya yang Anda keluarkan masih wajar dan digunakan untuk mencegah kerugian lebih besar, maka Anda berhak dapat ganti rugi dari asuransi mobil. Cek juga ketentuan dan kebijakan dari masing-masing perusahaan supaya klaim yang diajukan dapat dikabulkan perusahaan asuransi.

Kisaran Biaya dan Jenis Mobil Derek yang Dipakai

Anda yang sudah menjamin mobil dengan asuransi boleh lega, sebab setidaknya mempunyai pegangan untuk mengatasi kendaraan yang mendadak berhenti di jalan. Di sisi lain, Anda juga harus mengetahui kisaran biaya dan jenis mobil yang umumnya dipakai untuk kepentingan ini. Mempelajari tarif derek juga akan membantu Anda menghindari penipuan, termasuk derek liar yang sering berkeliaran di sekitar jalan tol.

Artikel Terkait:  Asuransi Penyakit Kritis, Seperti Apa Manfaatnya Sebagai Proteksi Kesehatan?

Biaya untuk mobil derek di setiap daerah berbeda, tergantung dari peraturan yang diberlakukan. Namun, kalau Anda butuh kisaran harga untuk memudahkan perhitungan biaya dan pengajuan klaim ke perusahaan asuransi, berikut rincian yang dapat Anda pegang:

Mobil penumpang

Mobil penumpang terdiri atas mini bus (angkutan umum, APK, mikrolet), jeep, station wagion, dan mobil barang (light truck, pick up, mobil boks). Sementara kisaran tarifnya dihitung per jarak tempuh dengan detail berikut

:
Jarak 0-10 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per mobil;
Jarak 10-20 kilometer dikenakan biaya Rp35.000 per mobil;
Jarak lebih dari 20 kilometer dikenakan biaya Rp10.000 per mobill untuk setiap 5 kilometer berikutnya.

Bus

Bagaimana kalau Anda mengoperasikan armada bus? Biaya yang dikenakan untuk jasa derek lebih besar dan ketentuannya berbeda dari asuransi mobil. Kendaraan yang dikelompokkan dalam bus meliputi bus mikro, bus besar, bus tingkat, dan mobil barang (kereta tempelan, kereta penarik, truk gandeng, dan kendaraan sejenis).
Sementara rincian biayanya adalah:

  • Jarak 0-10 kilometer dikenakan biaya Rp45.000 per mobil;
  • Jarak 10-20 kilometer dikenakan biaya Rp80.000 per mobil;
  • Jarak lebih dari 20 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per mobil untuk setiap 5 kilometer berikutnya.

Jenis-jenis Mobil yang Digunakan Untuk Jasa Derek

Meski fungsi dari mobil derek sama, jenis kendaraan yang diutus perusahaan asuransi bisa saja berbeda menyesuaikan kendaraan yang Anda bawa. Berikut adalah empat jenis derek yang paling umum dipakai:

Boom

Boom adalah kendaraan roda empat yang memakai kran (boom) yang dipakai untuk mengangkut mobil yang rusak parah. Oleh karena itu, boom biasanya diterjunkan untuk mobil-mobil yang terbalik, jatuh ke sungai, atau terguling ke jurang. Tujuannya adalah memudahkan pengangkutan mobil dari lokasi sambil menekan risiko;

Roda diangkat

Jenis derek ini merupakan mobil yang ditujukan untuk mengangkat roda depan dan belakang kendaraan. Kemudian, untuk memudahkan penarikan, rem mobil Anda harus dalam keadaan aktif. Jenis mobil ini sering kali digunakan Dinas Perhubungan untuk mengangkut mobil-mobil yang salah parkir maupun parkir sembarangan;

Artikel Terkait:  Asuransi Penyakit Kritis, Seperti Apa Manfaatnya Sebagai Proteksi Kesehatan?

Kait dan Tarik

Tak jarang asuransi mobil menurunkan kendaraan dengan kait dan tarik untuk membawa mobil. Dalam hal ini, Anda sebagai pemilik kendaraan harus ikut mengemudikan mobil, terutama kalau kondisinya masih tergolong baik dan mudah dikendalikan. Selain itu, rem mobil yang mereka derek harus dalam keadaan aktif;

Derek gendong

Berikutnya ada derek gendong (towing) yang mengangkut mobil dengan menggendongnya ke atas truk. Jenis derek ini umum Anda jumpai di showroom saat mereka membawa mobil yang dibeli konsumen. Towing juga dapat dimanfaatkan untuk membawa kendaraan yang mengalami kecelakaan parah;

Derek hidrolik

Terakhir ada derek hidrolik, mobil derek yang ditujukan buat mengangkut mobil mewah atau premium dengan ground clearance rendah. Sesuai namanya, kendaraan ini dilengkapi teknologi hidrolik untuk mengurangi risiko goresan dan kerusakan lain. Sekilas, cara kerjanya pun menyerupai towing.

Hal-hal yang harus dilakukan saat menunggu mobil derek

Sudah menghubungi pihak asuransi atau layanan derek untuk membawa mobil mogok? Sambil menunggu, sebaiknya Anda lakukan hal-hal berikut untuk memperlancar proses dan menghindari tawaran derek liar:

Kenali mekanisme layanan derek mobil. Jika ini adalah pengalaman pertama Anda menggunakan jasa derek, pelajari bagaimana mekanisme yang mereka terapkan. Dari jenis mobil, tarif, dan prosedur yang harus diikuti. Dengan begitu, Anda lebih siap dan dapat memastikan kondisi mobil sebelum diangkut;

Jauhkan mobil dari kerumunan. Sambil menunggu mobil derek, tepikan kendaraan Anda untuk menjauhi kerumunan. Selain mencegah hambatan lalu lintas, langkah ini mencegah mobil Anda diincar derek liar. Pasalnya, salah satu modus yang mereka lakukan adalah memaksa membawa mobil mogok yang dianggap menghalangi arus lalu lintas;

Tolak saat oknum derek liar memaksa. Bagaimana kalau Anda terlanjur dihampiri oknum derek liar sampai memaksa mengangkut mobil? Beranikan diri untuk menolak dan katakan kalau Anda sudah mengontak pihak lain. Jika mereka terus melancarkan serangan, ancam balik dengan melaporkan mereka ke polisi.

Semoga informasi ini membantu Anda memanfaatkan asuransi mobil untuk menggunakan layanan derek!