Seperti strategi pemasaran lainnya, semuanya dimulai dengan perencanaan: hasil apa yang ingin Anda capai melalui SEO, siapa yang ingin Anda jangkau?bagaimana Anda ingin mencapainya? Ini akan membuka jalan bagi keberhasilan strategi Anda. Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa strategi SEO umumnya memberikan hasil dalam jangka menengah hingga jangka panjang.

Jangan mengharapkan pengembalian instan yang dapat berasal dari iklan dan tautan bersponsor. Namun, SEO biasanya mencapai hasil yang lebih berkelanjutan dalam jangka panjang. Dengan mengingat hal itu, mari kita lihat langkah pertama SEO yang sudah sigithermawan rangkum.

TENTUKAN TUJUAN

Strategi Pengoptimalan Mesin Telusur (SEO)

Langkah pertama dalam membuat strategi Anda adalah menentukan tujuan Anda dalam mengoptimalkan
situs, blog, atau e-commerce Anda. Untuk melakukan ini, Anda perlu tahu apa yang ditawarkan SEO.

# Tingkatkan lalu lintas organik;
# Hasilkan lebih banyak prospek;
# Hasilkan lebih banyak penjualan;
# Mengurangi biaya akuisisi pelanggan (CAC);
# Mendidik pasar;
# Meningkatkan kekuatan merek / Brand.

Selalu berusaha untuk menyelaras kan tujuan SEO ini dengan tujuan makro merek Anda. Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, misalnya, SEO dapat membantu dalam hal ini dengan menempatkan situs perusahaan Anda di antara posisi pertama di Google.

Dengan menetapkan tujuan Memulai SEO, Anda juga dapat mengidentifikasi sasaran dan KPI. Jika Anda mencari otoritas yang lebih besar, misalnya, Anda dapat menggunakan metrik dari Domain Authority dan Page Authority. Tetapkan tujuan yang ingin Anda capai melalui KPI ini.

Dengan melakukannya, saat Anda menjalankan strategi tujuan SEO dan sesudahnya menjalankan tujuan SEO ini, Anda dapat memeriksa indikator ini untuk mengetahui apakah Anda berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan Anda.

Baca Juga Materi Selanjutnya: Tentukan (Buyer Persona) / Persona Pembeli Anda