Pengertian SEO

Pengantar Dasar-Dasar SEO

Mayoritas fokus SEO Off-page adalah membangun tautan. Jika Anda tidak mengetahui bahwa membangun tautan adalah proses mendapatkan situs web lain yang memiliki reputasi untuk ditautkan ke situs web Anda.

Beberapa strategi membangun tautan yang efektif meliputi:

  • Menulis artikel untuk pitching- Ada berbagai situs web dan blog yang akan menerbitkan artikel yang Anda kirimkan kepada mereka. Pastikan situs web tersebut sesuai dengan bisnis Anda dan menyertakan tautan ke bisnis Anda, tetapi pastikan Anda menerima atau menukar uang untuk dapat melakukan ini.
  • Lakukan studi riset pesaing – Tinjau profil backlink dari pesaing terpenting Anda. Cari tahu dari mana mereka mendapatkan tautan dan situs web mana yang mengizinkan hyperlink. Panduan berikut ini dapat memberikan beberapa saran tentang cara memulai penelitian terhadap pesaing.
  • Wartawan pendukung – Ada banyak situs web, seperti HARO yang memungkinkan wartawan untuk meminta pendapat dari pakar industri. Di situlah Anda melangkah untuk menyelamatkan! Berikan beberapa informasi atau kutipan tentang bidang keahlian Anda, dan kemungkinan besar mereka akan merujuk ke situs Anda dalam artikel.

Anda harus memastikan bahwa tautan diperoleh, berasal dari sumber yang dapat dipercaya, menghasilkan lalu lintas yang berkualitas, dan merupakan tautan “ikuti” dan masuk ke situs web yang relevan!

Setiap pemasar memulai dengan SEO pada halaman, namun, pemasar yang cerdas melihat melampaui situs web Anda untuk meningkatkan jumlah lalu lintas pencarian organik untuk bisnis Anda. SEO di luar halaman adalah strategi SEO penting yang berkontribusi untuk meningkatkan eksposur perusahaan Anda, menciptakan kepercayaan, dan meningkatkan visibilitas merek Anda.

SEO di luar halaman memberi tahu mesin telusur apa yang dikatakan orang tentang situs Anda. Misalnya, jika banyak tautan yang terhubung ke situs Anda, mesin telusur akan berasumsi bahwa Anda memiliki konten berkualitas yang menawarkan nilai bagi pengguna. Selain itu, peristiwa yang terjadi di luar situs Anda dipertimbangkan saat menentukan kredibilitas dan kepercayaan Anda dari mesin telusur seperti Google dan Bing. Ini menentukan peringkat SERP Anda, itulah alasan mengapa SEO off-page berada di luar situs web Anda.

Daftar isi

  • Apa itu Off-Page?
  • Mengapa SEO off-page penting?
    • Do-Follow Links
    • No-Follow Links
  • Mengapa Anda membutuhkan SEO Off-Page di Situs Anda?
  • Apa saja hal penting yang harus dipikirkan saat melakukan SEO off-page?
    • Otoritas Domain
    • Relevansi
    • Lalu lintas situs
    • Jenis Tautan
  • Pentingnya Mendapatkan Backlink yang Relevan dan Cara Mendapatkannya
    • 4 manfaat utama SEO off-page
    • Membangun Tautan Rusak
    • Buat Infografis Menarik
  • 13 jenis SEO Off-Page yang berbeda
    • Broken Link Building
    • Brand Building
    • Blogger Outreach
    • Forums Posting
    • Q&A
    • Social Bookmarking
    • Photo Submissions
    • Document Submissions
    • Influencer Outreach
    • Events
    • Social Networking
    • Newsletters
    • Content marketing
    • Local SEO (GMB and Citation)
    • Podcasts
    • Reviews
    • Content Syndication
  • Tautan yang berbagai jenis ke SEO Off-Page
    • Natural Links
    • Built Links
    • Created Links
  • Manfaat SEO Off Page
    • Peningkatan Peringkat
    • Peningkatan PageRank
    • Memberikan Eksposur
    • Membawa Kredibilitas
    • Bagaimana Kami Menghindari Hukuman untuk tautan yang tidak alami
    • Konten yang Dioptimalkan Pengguna
    • Teks Jangkar
    • Hilangkan Tautan berkualitas rendah dari Situs Web Anda
    • Kesimpulannya
  • FAQ’S
    • Apa itu SEO off-page, secara sederhana?
    • Apa perbedaan antara SEO Off-page dan On-page?
    • Bagaimana Anda menerapkan SEO di luar halaman?
    • Apa keuntungan dari SEO Off Page?
    • Pencarian Populer

Apa itu SEO Off Page?

SEO di luar halaman mencakup semua aktivitas dan strategi terkait SEO yang terjadi di luar situs Anda. SEO di luar halaman biasanya terkait dengan pembuatan tautan, namun lebih dari itu. Strategi seperti pemasaran konten, berinteraksi dengan orang yang tidak ada di situs web Anda, mendaftar di direktori, dll. semuanya merupakan aspek dari strategi SEO ini. Ini semua adalah cara untuk meningkatkan peringkat situs web Anda dan tidak memerlukan perubahan apa pun pada situs Anda.

SEO di luar halaman membawa pengunjung kembali ke situs Anda dan, yang lebih penting, membuktikan kepada mesin telusur bahwa Anda adalah situs yang dapat dipercaya. Ini meningkatkan otoritas situs web Anda di dalam domain. Pembuatan tautan adalah salah satu teknik kunci SEO di luar halaman yang menginformasikan algoritme Google terkait dengan peringkat situs web. Di luar pembuatan tautan, ada strategi di luar halaman lain yang dapat membantu meningkatkan lalu lintas mesin telusur organik bisnis Anda, misalnya:

  • PR
  • Social Media
  • Content Marketing
  • Brand Building
  • Local SEO
  • Forums
  • Influencer Marketing
  • Guest Posting
  • Reviews
  • Podcasts, etc

Mengapa SEO off-page penting?

Google mempertimbangkan sejumlah faktor saat membuat keputusan tentang situs web atau halaman dan di luar halaman hanyalah salah satu faktornya. Sulit untuk menentukan peringkat hanya berdasarkan konten. Inilah sebabnya mengapa off-page Anda (atau pembuatan tautan) merupakan faktor penting. Di satu sisi, ini akan memberi tahu Google apa pendapat orang lain tentang situs web Anda, yang membuat backlink dari situs web relevan berkualitas tinggi menjadi sangat penting.

SEO di luar halaman melibatkan pembuatan tautan dari banyak sumber. Tautan datang dalam dua jenis:

  • Follow Links

Tautan do-follow adalah jenis tautan standar yang memungkinkan spider atau bot Google untuk memberikan jus tautan atau nilai ke halaman web atau tautan yang telah ditautkan. Misalnya, jika sebuah majalah fesyen terkenal, katakanlah X menerbitkan artikel di situs web mereka dan menawarkan tautan yang mudah diikuti ke perusahaan yang relevan Katakanlah Y, itu menyiratkan bahwa X menyediakan bagian dari mereka sendiri layak untuk Y. Ini membantu Y mendapatkan PageRank yang lebih tinggi dan akan berperingkat lebih tinggi di SERP. Metode paling efektif untuk memanfaatkan tautan do-follow adalah dengan menggunakan kata kunci yang relevan sebagai teks jangkar Anda.

Google memeriksa jumlah hyperlink do-follow yang Anda miliki untuk situs web Anda, serta jumlah domain tempat Anda menerimanya. Semakin tinggi jumlah hyperlink do-follow dari beberapa domain terkait, semakin banyak nilai yang ditransfer.

Seperti inilah tampilan tautan do-follow:

Sigithermawan SEO

  • No-Follow Links

Tautan yang tidak diikuti berarti spider atau bot Google tidak akan mengikuti hyperlink ini. Mereka tidak akan meneruskan jus tautan atau nilai apa pun ke situs yang ditautkannya. Karena tidak ada link juice yang ditransfer, link no-follow tidak dapat mempengaruhi peringkat. Tautan Larangan Ikuti dibuat sebagai upaya untuk mengurangi spam internet.

Seperti inilah tampilan tautan yang tidak diikuti:

Sigithermawan SEO

Mengapa Anda harus mempertimbangkan SEO off-page di situs web Anda?

SEO di luar halaman / SEO off-page membantu meningkatkan pengakuan situs web dan otoritas domainnya. Jika tidak ada, situs web Anda akan selalu berperingkat lebih rendah daripada situs yang sudah memiliki lebih banyak prospek. Meskipun tautan tidak semuanya merupakan indikator di luar halaman yang digunakan algoritme Google untuk menentukan peringkat situs web, namun, tautan tersebut mungkin yang paling penting dari semuanya.

Tapi, ada banyak metode atau strategi SEO off-page yang harus digunakan. Ini dapat membantu Anda mendapatkan manfaat dari pemasaran konten SEO Off-page dan membantu membangun merek.

Sederhananya, perusahaan akan kesulitan mendapatkan peringkat merek mereka dalam istilah pencarian tanpa SEO off-page.

Apa aspek terpenting yang harus diperhatikan saat melakukan SEO off-page?

Di bawah ini adalah beberapa elemen SEO off-page yang harus dipertimbangkan:

  1. Otoritas Domain
  2. Relevansi
  3. Lalu Lintas Situs
  4. Jenis Tautan
  • Otoritas Domain

Otoritas domain dapat digambarkan sebagai skor atau metrik yang dikembangkan oleh Moz untuk memberikan gambaran kinerja sebuah situs web. Saat melakukan aktivitas di luar halaman, penting untuk memikirkan otoritas domain. Otoritas domain, juga dikenal sebagai DA adalah ukuran kualitas suatu situs. Jika backlink menghubungkan situs online dengan DA lebih besar ke situs yang memiliki DA lebih rendah dengan menggunakan tautan do-follow, ini membantu situs dengan DA lebih sedikit untuk memiliki peringkat halaman yang lebih tinggi dan juga peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari.

  • Relevansi

Sangat penting untuk mendapatkan tautan dari lebih banyak situs DA, tetapi bahkan lebih penting lagi bahwa situs web yang Anda pilih untuk ditautkan berkaitan dengan situs yang Anda cari untuk tautan Anda. Misalnya, jika Anda mendapatkan tautan dari merek yang memiliki DA sangat tinggi ke situs Anda yang khusus tentang dealer mobil, itu mungkin tidak masuk akal dan tautan balik/ backlink yang tidak relevan dapat menjadi pemicu algoritme yang dapat mengakibatkan penalti.

  • Lalu lintas di situs

Saat Anda melakukan tugas di luar halaman seperti forum, penjangkauan blogger, dan sebagainya. Sangat penting untuk memahami berapa banyak lalu lintas yang dapat dihasilkan oleh orang atau situs ini kepada Anda. Misalnya ketika Anda berencana untuk melakukan penjangkauan ke blogger atau posting forum, Anda harus memeriksa lalu lintas situs tersebut dengan menggunakan ekstensi di Chrome seperti SEO Meta on Click. Setelah Anda mengonfirmasi bahwa volume lalu lintas yang diterima situs cukup signifikan dan Anda dapat melanjutkan tindakan.

  • Jenis Tautan

Ada dua jenis tautan yang kami buat selama pembuatan tautan atau aktivitas di luar halaman lainnya. Ini adalah Tautan no-follow dan do-follow seperti yang dijelaskan di atas.

Penting untuk Mendapatkan Backlink yang Relevan dan cara mendapatkannya

Jika pertanyaan “apa itu SEO off-page saat ditanya, biasanya backlink adalah salah satu jawabannya. Tautan balik/ backlink telah memainkan peran penting dalam meningkatkan peringkat SEO di situs web, dan bahkan lebih jauh lagi.

Lebih dari 100 miliar hasil pencarian di Google terjadi setiap hari. Penelusuran ini berisi produk atau layanan yang serupa dengan yang mereka telusuri. Sebagian besar klik yang dihasilkan oleh pencarian ini dipicu oleh lebih dari 200 faktor peringkat yang ditentukan oleh Google dan backlink hanyalah salah satunya.

Tautan alami yang menautkan ke situs Anda yang ditemukan di situs web mana pun yang memiliki otoritas domain yang memadai dapat dianggap sebagai dukungan dari situs-situs tersebut untuk situs Anda dalam pandangan Google. Itu membuat mesin pencari lebih percaya pada konten situs web.

SEO di luar halaman membantu memastikan backlink yang Anda miliki dapat diandalkan dan terlihat di hasil pencarian. Bagaimana Anda mendapatkan backlink yang sesuai dan ramah di situs web tepercaya? Beberapa teknik terbaik tercantum di bawah ini:

  • 4 Manfaat Signifikan SEO Off Page
  • Masukkan email Anda
  • Membangun Tautan Rusak

Ketika pengunjung mengunjungi situs Anda melalui hasil pencarian, mereka berharap menemukan informasi yang mereka cari, bukan pesan kesalahan seperti 404. Pembuatan tautan yang rusak dapat menjadi salah satu metode SEO off-page yang paling efektif untuk memastikan bahwa Anda situs tetap mudah diakses oleh pengguna. Lakukan audit backlink dan hubungi pemilik situs untuk memberi tahu mereka tentang link yang rusak. Ini dapat membantu mengamankan backlink otoritatif ke situs yang Anda bantu.

  • Buat infografis yang menarik

Infografis adalah cara yang bagus untuk membantu menciptakan backlink 37,5 persen lebih banyak daripada blog. Cobalah teknik membangun tautan ini untuk mendapatkan lebih banyak backlink.

13 jenis tindakan terkait SEO di luar halaman

Setelah kami membuat Anda terbiasa dengan dasar-dasar SEO off-page, kami akan menjelaskan berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di SERP Google. Berikut adalah daftar tindakan SEO off-page yang penting dan cara terbaik untuk menyelesaikan aktivitas ini:

  • Bangunan Tautan Rusak

Pengguna tidak suka dialihkan ke halaman lain atau diarahkan ke halaman 404 sama sekali di situs web Anda saat mereka membukanya. Ini juga berlaku untuk pemilik situs web lain. Pembuatan tautan yang rusak adalah tentang menemukan tautan keluar dan rusak di situs web lain dalam bidang Anda, membawanya ke masalah, dan menawarkan tautan situs Anda untuk menggantikannya. Mengapa tautan rusak berkembang di tempat pertama? Tautan rusak terjadi setelah hosting web situs web berakhir dan asetnya ditangani secara tidak benar dalam proses migrasi, atau ejaan tautan salah. Sangat mudah untuk mengidentifikasi tautan yang rusak dengan melakukan analisis tautan balik/ backlink di situs web yang ingin Anda tautkan.

  • Membangun Merek

SEO dan branding sama-sama saling melengkapi di bidang pemasaran digital karena keduanya fokus pada peningkatan efektivitas SERP dan konversi prospek. Secara umum, faktor off-page SEO meningkatkan otoritas, relevansi, dan kepercayaan konten merek.

Membangun merek memungkinkan bisnis dari semua ukuran menampilkan diri mereka sebagai merek konsumen yang andal. Ini membantu membangun kredibilitas dan kehadiran media sosial yang diperlukan serta kredibilitas merek.

Strategi membangun merek yang terencana dengan baik dapat menghasilkan peningkatan jumlah orang yang mengklik situs Anda dan menempatkan Anda di depan pesaing. Menurut Google ketika branding website sesuai dengan persyaratan EAT, maka akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan peringkat yang tinggi.

Berikut adalah beberapa strategi membangun merek yang membuat teknik SEO off-page yang membantu memenuhi pedoman EAT:

1. Membangun merek melalui media sosial

Facebook dan Twitter adalah platform sosial tempat penjual dan pembeli paling aktif. Brand yang aktif melalui jejaring sosial adalah brand yang mampu merebut hati konsumen sasarannya. Google adalah pemantau platform ini serta hasil jajak pendapat mereka. Selain itu, Google mempelajari platform media sosial ini untuk menentukan tren terbaru dan perilaku konsumen. Oleh karena itu, selalu sertakan hyperlink ke situs media sosial di nama domain Anda dan tetaplah aktif di media sosial.

2. Membangun merek melalui pengetahuan

Pastikan Anda mengetahui nilai-nilai merek tersebut dan jangan berkompromi dengan kualitasnya atau layanan yang diberikannya. Berkonsentrasilah pada gaya situs web serta desain dan kontennya. Jika pengguna tertipu, sulit untuk kembali ke halaman.

3. Pemasaran konten membantu membangun ekuitas merek melalui branding

Berikan nilai kepada pengguna dengan membuat konten asli dan orisinal. Google menghargai perusahaan yang memiliki informasi yang baik tentang bidangnya. Untuk mencapai ini, menggunakan pendekatan pemasaran konten dapat membantu. Konten tidak hanya harus unik, tetapi juga cukup informatif untuk menarik perhatian publik. Merek yang terus memperbarui pelanggan mereka melalui blog atau artikel yang menawarkan informasi dan riset pasar di seluruh bisnis adalah yang paling potensial.

  • Jangkauan Blogger

Blogger menikmati banyak pengaruh akhir-akhir ini karena mereka menikmati banyak penggemar atau pembaca. Dengan melakukan beberapa riset online atau menggunakan solusi SEO off-page yang profesional, Anda dapat berkolaborasi dengan blogger terkemuka untuk meningkatkan pembacanya. Hadiah online, posting bersponsor, serta ulasan podcast promosi produk acara blog, dll. Semua termasuk dalam kategori ini. Ketahuilah bahwa blogger yang ingin Anda ajak berkolaborasi harus sesuai dengan bisnis Anda, dan mereka harus menjadi bagian dari pakar domain atau industri atau pandit. Mereka dapat membantu Anda dengan strategi SEO di luar halaman.

  • Posting Forum

Berpartisipasi dalam berbagai forum diskusi online adalah cara yang bagus untuk menarik orang untuk melihat nama perusahaan Anda. Membantu pengguna menemukan solusi untuk berbagai masalah dan kemudian secara diam-diam menautkan ke situs web Anda kapan pun sesuai (tanpa melakukannya terlalu banyak) atau mengomentari kiriman orang lain menggunakan teks jangkar yang dioptimalkan dalam tanda tangan Anda sangat penting. Pastikan untuk membuat profil yang menarik dan lengkap di situs web ini sebelum terlibat dalam aktivitas apa pun yang disebutkan di atas.

  • Tanya Jawab

Ini adalah variasi dari penggunaan forum untuk memposting konten karena banyak platform online sekarang menggunakan format tanya jawab atau Q&A dasar namun kuat untuk menarik pengguna. Menjadi aktif di Quora, Yahoo Answers, dll. adalah opsi fantastis untuk meningkatkan kehadiran online Anda dan mengarahkan orang ke situs Anda. Semakin otentik dan bermanfaat informasi yang Anda bagikan dan semakin populer citra Anda sebagai peserta yang dapat dipercaya. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan jumlah pengunjung ke situs Anda, dan akhirnya menjadi pembeli atau pelanggan. Pastikan Anda mencari forum yang relevan dengan domain Anda atau cari utas Tanya Jawab yang secara tematis atau topikal menguntungkan bagi Anda.

  • Bookmark Sosial

Bookmark sosial adalah proses mencari, menyimpan, dan berbagi halaman atau situs yang menurut Anda menarik di situs bookmark sosial. Digg, StumbleUpon, Reddit, dan situs web bookmark sosial lainnya sangat populer saat ini. Penting juga untuk menemukan situs yang relevan dengan bidang keahlian Anda dan kemudian mempromosikan konten Anda di situs tersebut. Fakta bahwa Anda diberi tag di situs-situs ini dapat menyebabkan ditampilkan di Google SERPs. Pengunjung yang datang ke situs Anda melalui situs bookmark sosial ini melakukannya karena mereka telah menemukan Anda di area yang mereka minati. Anda juga dapat menyertakan tombol bookmark sosial di situs web Anda untuk mempermudah proses SEO di luar halaman ini.

  • Gambar dikirim untuk diserahkan

Pengiriman gambar adalah strategi SEO off-page yang berbeda yang digunakan saat ini media berbasis visual sejauh ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan dan terkenal. Pengiriman gambar harus dilakukan dengan mengirimkan gambar yang Anda gunakan di situs web Anda (termasuk infografis) melalui berbagai pengiriman gambar atau berbagi direktori dan situs. Menemukan ukuran gambar yang paling sesuai, memformat deskripsi situs Anda, serta teks alternatif, dll. Juga termasuk dalam kategori ini. Photobucket, Flickr, Imgur, dll. adalah beberapa contoh dari situs web ini.

  • Pengajuan Dokumen

Situs tertentu seperti Scribd, SlideShare, dll. menerima dokumen dengan informasi dalam jenis tertentu (seperti Docx atau PDF) Docx) untuk membantu pengguna dalam mencari konten tentang topik tertentu. Mengirim konten menarik tentang topik penting dan terkenal di bidang keahlian Anda dengan dokumen berformat sederhana dan berformat baik dapat menjadi cara terbaik untuk menarik orang. Branding konten Anda, yang mencakup beberapa kata kunci serta mengirimkan konten Anda ke beberapa situs web dan sebagainya. adalah beberapa teknik SEO off-page lain yang dapat Anda pelajari di sini.

  • Jangkauan Influencer

Influencer seperti judulnya adalah siapa saja yang memiliki kapasitas untuk mempengaruhi perilaku konsumen atau membuat keputusan pembelian. Mereka mungkin memiliki banyak pengikut di berbagai platform media sosial seperti Facebook atau Instagram serta blog, publikasi di internet, atau publikasi lainnya. Pakar industri, selebritas, blogger, pemimpin pemikiran, mikro-influencer yang membuat konten digital (orang biasa yang memiliki banyak pengikut di media sosial karena keahlian mereka dalam topik tertentu), dan banyak lainnya dapat disebut sebagai pemberi pengaruh berdasarkan hubungan mereka dengan pengikut mereka. Konten yang mereka buat, seperti penempatan produk yang mereka tulis, ulasan, saran, postingan demo, atau postingan lainnya, dll. dapat berdampak signifikan pada persepsi merek, produk, atau layanan Anda.

  • Acara

Acara dapat menjadi pembuat buzz besar untuk bisnis Anda. Sekarang acara juga dilakukan secara online, itu adalah sumber keterlibatan sosial yang sangat baik. Sebagai strategi SEO off-page, event (online/offline) akan sangat membantu dalam membangun branding.

Anda dapat menghasilkan buzz di luar situs dengan menyelenggarakan atau mensponsori acara tersebut. Jika ada pengumuman suatu acara, merek diperhatikan dengan menggunakan tagar, URL, dan hyperlink media sosial. Merek tersebut juga ditampilkan di laman landas acara tersebut, yang merupakan cara yang bagus untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Pastikan merek Anda terhubung ke acara khusus industri, untuk keterlibatan merek yang lebih besar dan peningkatan cakupan PR.

  • Jaringan sosial

Kehadiran media sosial yang terpelihara dengan baik di berbagai saluran merupakan persyaratan penting untuk setiap bisnis yang akan diluncurkan. Terlibat dengan klien Anda sesering mungkin serta memberi tahu mereka tentang pengumuman, penjualan, atau peluncuran baru yang akan datang, dll. Mengatasi masalah atau keluhan mereka, meminta pendapat mereka, dan membagikan konten yang relevan dan relevan yang dihasilkan dari upaya Anda sendiri sangat penting strategi pemasaran media sosial. Meskipun situs media sosial biasanya tidak hanya mengikuti, mereka masih penting dan dapat membuat kampanye SEO di luar halaman menjadi sangat baik. Sertakan juga ikon berbagi sosial di situs web atau blog Anda.

  • Buletin

Nawala dapat menjadi salah satu strategi SEO off-page yang paling mudah namun diabaikan. Memberi tahu pelanggan dan pengguna Anda tentang produk atau layanan terbaru, acara, penjualan, dll. Akan membayar dividen tidak seperti yang lain. Meskipun Anda dapat menyertakan konten yang baru-baru ini Anda posting di situs web Anda di buletin Anda, membuatnya singkat namun informatif adalah pilihan terbaik. Dimungkinkan juga untuk menulis konten khusus untuk buletin. Pastikan itu menarik dan menarik dan disampaikan pada saat orang lebih cenderung membuka buletin.

  • Konten pemasaran

Pemasaran konten adalah salah satu teknik yang paling dicari untuk SEO di luar halaman dan dapat membantu situs Anda mencapai berbagai tujuan. Menentukan tujuan upaya pemasaran konten Anda akan memengaruhi jenis konten yang Anda hasilkan dan membantu dalam pembuatan strategi konten yang efektif.

Pemasaran konten memainkan peran penting dalam membantu situs web memenuhi tujuan SEO di luar halaman mereka. Membuat konten yang ditargetkan, membuat backlink organik dan sehat, dan membuat buzz di sekitar situs adalah komponen penting dari strategi pemasaran konten yang efektif.

  • SEO Lokal (GMB dan Kutipan)

SEO lokal memainkan peran penting dalam membantu membuat situs web Anda tampil tinggi di frasa pencarian lokal. Kutipan lokal adalah referensi untuk nama perusahaan Anda di internet. Itu bisa dalam bentuk blog atau situs web khusus untuk industri Anda seperti direktori bisnis atau siaran pers atau situs lokal lain yang relevan.

Kutipan lokal juga membentuk aspek praktik SEO di luar halaman dan dihitung sebagai faktor penting untuk menentukan peringkat dalam SEO situs web lokal. Google Bisnisku (GMB) adalah fitur tambahan dari SEO lokal, di mana cantuman bisnis Anda muncul di Google untuk kata kunci pencarian lokal.

  • Podcast

Segala jenis konten audio seperti podcast tidak dianggap sebagai manfaat SEO oleh Google hingga saat ini. Memahami cara membuat podcast yang SEO-friendly dapat membantu strategi SEO off-page Anda.

Misalnya, NLP Google sekarang sangat mahir dalam mengenali kata kunci yang diucapkan. Ini dapat membantu Anda mempromosikan podcast Anda secara organik untuk meningkatkan pengakuannya di mesin pencari. Selain itu, memiliki suara yang berbeda dan terkenal di podcast Anda juga akan membantu Google dalam hasil pencariannya untuk kata kunci tersebut. Metode lain adalah memastikan bahwa podcast Anda ditranskripsikan dengan benar. Transkrip akan memainkan peran penting karena akan digunakan untuk menautkan file audio dengan hasil pencarian.

  • Ulasan

Memanfaatkan metode SEO off-page sangat penting untuk menilai kredibilitas situs Anda dan juga untuk membangun merek Anda dengan cara yang sesuai. Penting untuk mempertimbangkan banyak aspek penting lainnya selain pembuatan tautan untuk memastikan pengoptimalan SEO yang efektif.

Tahukah Anda bahwa 89% konsumen membaca ulasan online sebelum membeli barang atau jasa? Ulasan adalah elemen penting dari keputusan pembelian karena memiliki tingkat kepercayaan tertinggi terhadap pendapat pembeli lain.

Saat disajikan dan digunakan dengan benar Jika disajikan dengan benar, ulasan jika disajikan dan digunakan dengan benar, ulasan dapat membantu Google untuk lebih memahami citra merek dan meningkatkan peringkatnya. Merek yang telah mengumpulkan ulasan melalui platform pihak ketiga juga mendapatkan kepercayaan dan meningkatkan pengoptimalan situs.

Sementara kekuatan rekomendasi pribadi melampaui situs ulasan nilai, lebih dari empat dari lima pelanggan dipengaruhi oleh umpan balik online dengan cara yang sama seperti saran pribadi. Sebagai sebuah bisnis, penting untuk mengingat fakta bahwa ulasan online itu positif dan juga negatif. Serta pengaruhnya terhadap peringkat mesin pencari perusahaan Anda.

  • Sindikasi Konten

Jika perusahaan Anda menggunakan situs pihak ketiga untuk mendapatkan lebih banyak perhatian, ini dikenal sebagai sindikasi konten web. Ini berbeda dari posting tamu, dan pada akhirnya lebih efektif karena lebih mudah beradaptasi. Menulis blog, dan terus mempublikasikannya di berbagai website lain.

Hati-hati! Sindikasi konten mengalami keterbatasan tertentu, dan tidak diakui secara luas sebagai teknik SEO di luar halaman. Ada kekhawatiran tentang duplikat konten dan Google mengungguli situs pihak ketiga (dengan otoritas lebih besar pada domain) atas situs Anda sendiri untuk artikel blog yang sama. Sindikasi konten web adalah salah satu strategi SEO off-page yang paling menjanjikan yang akan memberi Anda paparan maksimal. Namun, untuk mendapatkan keuntungan dari dukungan situs web populer dan terkenal untuk menerbitkan ulang blog Anda, konten blog Anda harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh mereka. Artinya, untuk memastikan konten Anda tersindikasi di internet, perusahaan harus fokus pada konten yang berkualitas tinggi.

Berbagai jenis link yang digunakan untuk SEO Off Page

  • Tautan Alami

Tautan alami terjadi saat webmaster, blogger, atau pemilik situs web lain mengalihkan tautan ke halaman yang Anda miliki di situs Anda karena mereka yakin itu akan bermanfaat bagi pengunjung mereka dan menambah nilai signifikan ke situs web atau halaman web mereka. Pemilik situs web yang membagikan konten Anda secara alami terjadi hanya jika materi Anda berkualitas tinggi dan berkualitas tinggi dengan kredibilitas di domain yang relevan.

  • Tautan yang Dibangun

Mereka memperoleh tautan untuk dikumpulkan dengan banyak usaha. Ini berarti Anda harus meluangkan waktu dan upaya untuk menghubungi pemilik webmaster, blogger, dan webmaster situs web lain untuk menampilkan konten Anda melalui hyperlink serta blog tamu. Untuk mendapatkan tautan yang dibangun, perlu menjadi merek yang terkenal dan dihormati di pasar.

  • Tautan yang Dibuat

Tautan yang dibuat, seperti namanya, dibuat oleh pemilik situs web untuk membuat mesin pencari percaya bahwa tautan yang mereka berikan itu penting dan relevan. Ada berbagai hyperlink yang dibuat sendiri, misalnya backlink di blog atau forum. Ada backlink baik dan negatif yang bisa membantu atau menurunkan peringkat SEO Anda.

Keuntungan yang bisa didapat dari SEO Off-Page

Ada keuntungan tertentu dari SEO off-page untuk dipikirkan saat membuat strategi:

  • Peningkatan peringkat

SEO di luar halaman dapat membantu merek untuk meningkatkan peringkat halaman hasil mesin pencari (Search Engine Page) mereka. Semakin menonjol peringkat Anda, semakin tinggi kunjungan situs Anda dan semakin tinggi rasio klik-tayang.

  • Pertumbuhan di PageRank

PageRank berbeda dibandingkan dengan peringkat SERP. PageRank adalah skor numerik antara 0 dan 10 yang diberikan Google kepada Google ke situs Anda sesuai dengan berbagai faktor, termasuk pengalaman keseluruhan di halaman Anda. Kualitas dan kuantitas tautan memainkan peran utama.

  • Memberi Anda eksposur

Memastikan bahwa situs Anda mampu mengalihkan lalu lintas sehingga Anda dapat memiliki peningkatan orang yang dapat digunakan untuk menghasilkan arahan yang dapat diubah menjadi corong adalah salah satu keunggulan teknik SEO off-page.

  • Membangun Kredibilitas

Faktor peringkat Google yang tinggi merupakan faktor yang signifikan dalam membangun kepercayaan antara pengguna dan merek. Ini dicapai dengan SEO di luar halaman.

Apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari penalti untuk tautan yang tidak alami

Tautan balik dapat sangat memengaruhi seberapa baik situs Anda. Namun, ini adalah senjata yang tidak wajar karena backlink dapat mengakibatkan hukuman dari Google.

Memulihkan dari penalti Google bisa menjadi masalah bagi situs karena dapat merusak citra mereka di mesin telusur. Dalam beberapa tahun terakhir, Google mengubah konsep backlink yang berasal dari situs dengan PR tinggi menjadi situs yang berdampak besar. Google sekarang memprioritaskan pengoptimalan pengguna, konten berkualitas dan tepercaya, serta niat pengguna. Sasaran maksud pencarian telah melampaui situs web dengan situs web RKT tinggi.

Google belum memberi tahu komunitas SEO tentang cara khusus apa pun untuk menghindari hukuman. Namun demikian, ada beberapa praktik yang dapat memastikan situs web Anda mengetahui hukuman dan menyelamatkan diri Anda dari sakit kepala dalam menangani hukuman ini. Mari kita periksa metode ini

  • Konten yang Dioptimalkan Pengguna

Memastikan bahwa pelanggan Anda berada di daftar teratas saat membuat konten apa pun akan sangat membantu Anda menghindari hukuman Google. Hari-hari berlalu ketika teknik seperti isian kata kunci tidak diperhatikan. Untuk memastikan bahwa konten Anda berpusat pada pengguna, Anda harus berfokus pada nilai konten, bukan nilai jualnya. Konten yang dipromosikan harus dipangkas sementara konten yang berharga harus diprioritaskan. Masukkan sebanyak mungkin informasi yang berguna untuk posting Anda untuk membahas topik yang Anda tuju. Ini akan membantu melindungi Anda agar tidak dihukum oleh Google atas metode apa pun yang menurut Google tidak etis.

  • Teks Jangkar

Jika Anda telah menyelesaikan analisis backlink yang lengkap, Anda harus mulai bekerja untuk mendiversifikasi teks jangkar Anda. Ini berarti konten Anda harus menggunakan kata-kata yang berbeda untuk kata kunci serta istilah dan merek yang beragam. Ini akan memastikan bahwa Google menganggap tautan Anda alami. Memanfaatkan teks jangkar yang sama di beberapa posting dapat mengingatkan mesin pencari bahwa mereka manipulatif atau tidak alami. Ini bisa mengakibatkan hukuman dari mesin pencari raksasa.

  • Hilangkan Tautan berkualitas buruk dari Situs Web Anda

Pastikan tautan yang Anda miliki di situs Anda berasal dari situs otoritas domain. Lakukan analisis lengkap terhadap backlink Anda dan pastikan link buruk dihilangkan, dan link no-follow disertakan secara organik di profil link Anda. Ini akan membantu tautan tampak alami bagi Google.

Kesimpulannya

SEO off-page dapat terlihat mudah dibandingkan dengan SEO teknis atau SEO on-page, namun, ada banyak elemen yang berada di luar kendali Anda. Misalnya, menunggu konfirmasi akun Anda di berbagai forum atau situs web dan komentar, posting, atau kiriman Anda tidak dapat dipublikasikan karena ketidakmampuannya memenuhi spesifikasi situs dan sebagainya. bisa berarti Anda harus memulai lagi. Jika dilakukan dengan benar SEO Off-page dapat meningkatkan peringkat mesin pencari secara signifikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pemasaran pencarian, tetap berhubungan secara teratur dengan kami.

FAQ'S

Apa itu SEO Off-Page?

SEO Off-Page adalah keseluruhan rangkaian tindakan yang dilakukan bersama dengan situs web Anda untuk membuat tautan yang akan mengarah ke Anda. Tujuan utama SEO off-page adalah pembuatan backlink yang kredibel, berkualitas tinggi, dan andal yang meningkatkan jumlah lalu lintas dan peringkat.

Apa perbedaan antara SEO Off-page dan On-page?

SEO On-page adalah pendekatan yang membantu mengoptimalkan elemen halaman web untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di SERP. SEO off-page adalah tindakan yang tidak ada di situs untuk meningkatkan peringkat.

Bagaiman Cara Penerapan SEO Off-Page

Bookmark Sosial, Posting Tamu Pemasaran Konten, Posting Tamu, dan Penjangkauan Influencer, adalah beberapa jenis strategi SEO off-page yang paling terkenal yang akan membantu Anda dengan SEO off-page dan menghasilkan uang dari tautan.

Apa Manfaat SEO Off Page?

Off-Page dapat membantu merek untuk meningkatkan peringkat SERP mereka dan menarik lebih banyak lalu lintas ke situs mereka dengan meningkatkan visibilitas situs web mereka. SEO di luar halaman membantu membangun pengakuan PageRank situs web serta otoritas domain.